Minggu, 24 September 2017

Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula yang Baru Memelihara Lovebird

Terlebih dulu, kami sudah tunjukkan info mengenai usaha sambilan ternak Lovebird lengkap dengan analisis perhitungan biayanya. Dari situ, tentunya Kamu telah bisa deskripsi mengenai prospek beternak Lovebird untuk yang akan datang. Modal yang diperlukan dalam beternak Lovebird tidaklah terlalu besar, namun pendapatan cukup menjanjikan.

Usaha sambilan sesuai sama itu dapat dikerjakan oleh siapapun, seandainya dia memiliki pengalaman beternak burung atau sekurang-kurangnya memiliki hoby pelihara burung. Bila Kamu tidak sempat pelihara burung, Kamu masih tetap dapat buka usaha ternak Lovebird.

Bagaimana langkahnya? Kamu cukup mencari pegawai yang telah memiliki pengalaman pelihara Lovebird. Begitu, pekerjaan Kamu lebih enteng. Kamu cukup mengelola sisi keperluan harian dalam soal pengeluaran serta pemasukan.

Nah, itu barusan jalan keluar bila Kamu menginginkan beternak Lovebird namun tidak memiliki pengalaman menjaga Lovebird. Kamu mesti keluarkan cost lebih untuk menggaji pegawai. Namun bila Kamu mengurusinya sendiri, jadi cost pengeluaran dapat dipangkas supaya lebih irit.

Oleh karenanya, kami juga akan memberi info mengenai langkah beternak Lovebird spesial untuk pemula. Keinginannya agar calon penangkar Lovebird dapat beternak Lovebird sendiri tanpa ada mesti membayar orang yang lain. Sebelumnya mulai, Kamu mesti ketahui enam langkah basic beternak Lovebird.

6 Langkah basic beternak Lovebird

1. Indukan Lovebird mesti sehat serta berkualitas
Pastikan indukan Lovebird dari keturunan yang berkwalitas. Umumnya, bila indukan datang dari keturunan yang sehat serta berkwalitas, jadi anakannya kelak juga berkwalitas. Kemudian, Kamu dapat pilih indukan Lovebird dari bagian nada maupun warna bulu, bergantung Kamu ingin beternak Lovebird untuk kontes nada burung atau kontes kecantikan warna Lovebird.

2. Tunggulah hingga umur Lovebird siap kawin
Lovebird yang siap dikawinkan umumnya berumur minimum 1 th.. Janganlah lupa, Kamu harus juga pilih indukan Lovebird jantan yang lebih tua dari betina. Hal semacam ini diperuntukkan supaya indukan jantan dapat lebih menguasai ketika lakukan sistem kawin.

3. Pembuatan kandang ternak Lovebird
Kandang atau sangkar untuk beternak Lovebird sesuaikan jumlah Lovebird yang juga akan Kamu silangkan. Bila jumlah Lovebird sedikit atau cuma sepasang indukan Lovebird saja, jadi buat kandang Lovebird dengan ukuran 50 x 100 x 50 cm. Bila jumlah indukan banyak, buat kandang Lovebird yang semakin besar serta bersekat-sekat.

4. Tempat bertelur Lovebird
Lovebird memerlukan tempat bertelur atau tempat mengerami telur yang diberi nama glodok. Glodok sendiri terbuat dari kayu yang keras memiliki ukuran 20 x 20 x 25 cm serta umumnya berupa kotak persegi. Supaya Lovebird nyaman, di sekitaran glodok siapkan kayu yang telah diserut, ranting kecil, atau dedaunan untuk tempat buat sarang. Oh ya, biarlah mereka yang buat sarang sendiri.

5. Ketahui type kelamin Lovebird
Kamu mesti ketahui type kelamin Lovebird serta meyakinkan Lovebird yang Kamu kawinkan mempunyai kelamin yang berlainan. Pasalnya, Lovebird yang tampak berpasangan belum juga pasti memiliki kelamin yang berlainan. Kadang-kadang, Lovebird jantan dapat berpasangan dengan pejantan yang lain. Demikian halnya demikian sebaliknya.

Untuk ketahui type kelamin Lovebird jantan serta betina, Kamu dapat membaca artikel 10 langkah membedakan Lovebird jantan serta betina yang paling akurat.

6. Mempersiapkan makanan supaya Lovebird cepat bertelur
Supaya Lovebird cepat bertelur, cobalah tingkatkan gizi pada makanan harian Lovebird, seperti pemberian milet, biji sawi, Kenari seed, jewawut, jagung muda, kangkung, tauge, kwaci, tulang sotong, dan sebagainya.

Langkah mengawinkan Lovebird jantan serta betina
Bila sudah tahu bebrapa basic beternak Lovebird, saat ini waktunya Kamu mengawinkan Lovebird. Bagaimana langkahnya? Kamu cukup memasukkan Lovebird yang telah di pastikan jantan serta betina kedalam kandang ternak. Lantas, tunggulah sekian hari, sekitaran 4 hari sampai 10 hari untuk lihat apakah Lovebird telah bertelur atau belum juga.

Lovebird bertelur
Bila memanglah berjodoh, umumnya Lovebird betina segera bertelur (sekitaran 3 butir). Tetapi, tidak semuanya indukan ingin mengerami telur. Ini yang mengakibatkan telur tidak menetas. Untuk menghadapi hal itu, Kamu dapat mendekatkan pasangan Lovebird beda yang telah ingin mengerami telur.

Apakah ini efisien? Ya, soalnya nada erangan Lovebird betina yang tengah mengerami telur bisa memancing Lovebird yang beda untuk mengikutinya juga. Namun ingat ya, Lovebird hanya didekatkan saja sangkarnya janganlah dimasukkan dalam satu sangkar yang sama.

Lovebird yang telah ingin mengerami telur juga akan mengerami telur sampai 18-23 hari. Baiknya ketika pengeraman, indukan Lovebird jantan dipisah dahulu. Maksudnya supaya Lovebird jantan tidak mengganggu Lovebird betina. Waktu pembelahan ini, Kamu juga dapat segera menjodohkan indukan Lovebird jantan dengan indukan Lovebird betina yang beda.

Diluar itu, senantiasa beri makanan bergizi pada Lovebird waktu sistem pengeraman telur. Pakan Lovebird yang baik dapat berbentuk pelet ayam digabung dengan bubur bayi. Kamu harus juga meyakinkan kalau Lovebird betina dalam kondisi vit, namun janganlah terus-terusan diintip karna mitosnya bisa buat telur Lovebird tidak menetas.

Butuh Kamu kenali sekali lagi, Lovebird yang awal kali bertelur, beberapa besar telurnya tidak menetas. Ini lumrah karna Lovebird mungkin saja belum juga siap kawin serta mungkin saja karna sebagian aspek beda, salah satunya umur belum juga mapan, aspek lingkungan, dan aspek pakan. Tetapi, Kamu tidak butuh cemas karna pada produksi ke-2, umumnya telur juga akan menetas. Nah, telur awal Lovebird yg tidak menetas barusan seringkali diberi nama telur dara.

Telur Lovebird menetas
Perlakuan waktu telur Lovebird menetas agar dikerjakan oleh indukan. Kamu tunggulah saja hingga anakan Lovebird keluar dari sarang. Kemudian, Kamu bisa melolohkan makanan ke Lovebird. Nah, kapan persisnya Kamu bisa meloloh Lovebird atau memisahkan anakan Lovebird dengan indukan?

Anakan Lovebird bisa dipisah dari indukan pada umur 10 hari atau 2 minggu. Bila telah pisahlah, Kamu mesti memberi pengawasan ekstra ke anakan Lovebird. Sekurang-kurangnya, beri lampu 5 watt jadi penghangat badannya.

Meloloh anakan Lovebird
Untuk meloloh anakan Lovebird, baiknya Kamu memakai suntikan yang besar supaya Lovebird tidak tersedak. Suntikannya juga mesti aman. Jarum suntik dilepaskan dahulu, lalu ditukar dengan selang elastis seperti karet pentil.

Lalu, makanannya apa sajakah? Menu makanan Lovebird dapat berbentuk makanan bayi yang sudah diseduh dengan air hangat serta makanan bergizi beda yang lembut-lembut.

Kamu bisa meloloh anakan Lovebird sekitar 4 jam sekali. Kerjakan hal semacam ini sehari-hari hingga anakan Lovebird dapat makan sendiri. Bila Kamu menginginkan anakan Lovebird cepat jinak serta dapat di ajak bermain, jadi beri perhatian ekstra, panggil namanya, dan bawalah bermain diluar sangkar sembari belajar terbang.

Sekian langkah ternak Lovebird untuk pemula yang baru pelihara Lovebird. Mungkin saja kelak Kamu juga akan terasa kewalahan pelihara Lovebird, namun makin lama seiring waktu berjalan, beternak Lovebird juga akan jadi hoby yang mengasyikkan. Mudah-mudahan berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar